Home Entertainment Snapdragon 6 Gen 1 Chipset Dibocorkan dan kemungkinan akan menjadi standard HP...

Snapdragon 6 Gen 1 Chipset Dibocorkan dan kemungkinan akan menjadi standard HP Midrange

160
0

Qualcomm telah mengganti nama chipset seri Snapdragon 800 dan Snapdragon 700 buatannya, menjadi Snapdragon 8 Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Kini, vendor chipset raksasa tersebut tampaknya akan mengganti penamaan untuk chipset Snapdragon 600 baru buatan mereka menjadi Snapdragon 6 Gen1 .

Enam+08:49Liputan6 Update: Data Pelanggan Indihome dan PLN Diduga Bocor

Hal ini diungkap oleh leaker ternama Evan Blass, yang memposting tangkapan layar yang menunjukkan spesifikasi dan fitur Snapdragon 6 Gen 1.

Berdasarkan bocoran Blass, prosesor Snapdragon 6 Gen 1 akan menggunakan chip 4nm dengan nomor model SM6450.

Mengutip GSM Arena, Selasa (30/8/2022), chipset baru untuk ponsel murah ini sudah mendukung jaringan 5G dan teknologi Qualcomm Quick Charge 4+.

 

Snapdragon 6 Gen 1

Snapdragon 6 Gen 1 ini menggunakan CPU Kryo dengan kecepatan hingga 2.2GHz, namun belum diketahui berapa jumlah intinya.

Chip ini juga sudah mendukung tampilan dilayar hingga resolusi FullHD+, dan refresh rate 120Hz.

Di bagian fotografi, chipset ini juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan kamera bersensor 108MP.

Tak hanya itu, ponsel Android dengan Snapdragon 6 Gen 1 ini juga bakal bisa merekam video 4K HDR pada 30fps, dan video slow-mo pada 240fps.

Sayangnya, Qualcomm belum mengonfirmasi tentang bocoran Snapdragon 6 Gen 1 ini.

Namun dapat diprediksi, chipset baru ini bakal diumumkan bersamaan dengan peluncuran Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit 15-17 November 2022.

Dikatakan bahwa Snapdragon 6 Gen 1 adalah prosesor Qualcomm 4nm terbaru yang ditujukan untuk smartphone tingkat masuk.

Seperti diketahui, Qualcomm telah meluncurkan setidaknya tiga prosesor baru berdasarkan proses pembuatan 4NM. Chipset termasuk Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Jika tiga seri chipset dimaksudkan untuk smartphone kelas tinggi dan menengah, menurut laporan, perusahaan sedang mengerjakan chipset berbasis 4nm yang akan disediakan untuk serangkaian perangkat level input. Mungkin, chipset kelas bawah ini akan menggantikan seri chipset Snapdragon 600 yang sudah ada di pasaran.

Berita yang terkait dengan chipset Snapdragon 6 Gen 1 pertama kali berasal dari pernyataan rahasia Evan Blass. Seperti yang dilaporkan oleh Gizmochina (28/8), laporan Evan ini telah berbagi spesifikasi pada Snapdragon 6 Gen 1.

Selain itu, daun fakta yang difilter berisi spesifikasi dan karakteristik lengkap dari Snapdragon 6 Gen 1. Gen 1. Secara khusus, Evan memperkirakan bahwa chipset ini akan datang untuk menggantikan Snapdragon 695.

Menurut kebocoran, Snapdragon 6 Gen 1 akan didasarkan pada proses pembuatan 4nm dan akan datang dengan nomor bagian SM6450. Prosesor ini disebut CPU Kyro dengan kecepatan arloji hingga 2,2 GHz. Ini juga akan menerima USB 3.1 dan LPDDR5 RAM hingga 12 GB dengan jam tangan hingga 2750MHz.

Untuk konektivitas, chipset ini akan menunjukkan modem Snapdragon X62 5G yang ditawarkan oleh 5G MMWAVE dan band sub-6GHz. Di sisi Wi-Fi, Snapdragon 6 Gen 1 akan memiliki dukungan Qualcomm FastConnect 6700 WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Prosesor ini akan menawarkan dukungan visualisasi hingga resolusi hingga FHD+ dengan kecepatan pembaruan 120Hz. Dengan demikian memungkinkan pengguna untuk merekam video HDR 4K pada 30 fps dan video lambat pada 240 fps.

Sedangkan untuk kamera, Qualcomm menawarkan pengaturan tiga kamera yang dapat digabungkan pada perangkat smartphone. Pengaturan kamera ini dilengkapi dengan ukuran 13 MP, pengaturan kamera kembar dengan 25 + 16 MP dan kamera dengan 48 MP.

Berkat Escape of Evan Blass, diketahui bahwa Qualcomm akan meluncurkan chip Snapdragon 6 dengan konvensi nomenklatur yang sama, yang disebut spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 6 Gen 1 Gen 1. Seperti diketahui sampai sekarang, Qualcomm telah meluncurkan tiga chipset berdasarkan proses pembuatan 4nm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Blass telah memfilter lembar spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 lengkap, yang melaporkan bahwa itu adalah chip 4nm yang memiliki nomor bagian SM6450. Dan chipset mengakui 5G Networks dan Qualcomm Quick Charge 4+ Technology. Snapdragon 6 Gen 1 SOC terdiri dari CPU Kryo dengan jam tangan hingga 2,2 GHz, tetapi tidak tahu jumlah inti.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon W5+ dan W5 mengklaim teknologi paling canggih saat ini chip ini dapat mengakui layar ke resolusi FullHD+ dan kecepatan pembaruan layar 120Hz dan memungkinkan foto dengan kamera 108MP. Smartphone yang diumpankan oleh Snapdragon 6 Gen 1 juga dapat merekam video HDR 4K pada 30 fps dan video lambat pada 240 fps.

Gambar yang dibagikan oleh Blass mengatakan bahwa perekaman video FPS 240 -an dapat dibuat dalam 270p, yang dapat berupa kesalahan tipografi, dan resolusi sebenarnya bisa 720p. Tapi saya dapat secara resmi melihatnya bersama dengan chip superior Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit tahun ini, yang akan berlangsung di Hawasury antara 15 dan 17 November.

Qualcomm sejauh ini sudah meluncurkan tiga chipset dengan penamaan baru, yakni Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1, dan Snapdragon 7 Gen 1. Ketiganya menggunakan teknologi fabrikasi 4nm.  Kini, Qualcomm tampaknya berencana untuk menghadirkan lini series baru dengan Snapdragon 6 Gen 1.

Melansir dari GSMArena informasi tersebut datang dari Evan Blass, leaker yang kerap memberikan bocoran akurat. Tak tanggung-tanggung, ia membagikan lembar data spesifikasi lengkap dari Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1.

Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 Gunakan 4nm

Dari bocoran itu kita bisa melihat SoC yang diperkirakan bakal jadi penerus Snapdragon 695 tersebut menggunakan node 4nm. Itu akan jadi sebuah peningkatan dari 600-series terbaru yang memakai node 6nm.

Chipset yang diketahui punya nomor seri SM645 tersebut mengusung prosesor Kryo dengan kecepatan up to 2.2GHz, tapi tak diketahui berapa jumlah core-nya. Di samping itu, Snapdragon 6 Gen 1 ini juga sudah mendukung konektivitas 5G dan teknologi fast-charging Qualcomm Quick Charge 4+.

Dari segi layar, chipset kelas mid-range ini bakal mendukung resolusi hingga Full HD+ dengan refresh rate mencapai 120Hz. Nantinya, smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1 bisa memiliki kamera sampai 108MP, dengan kemampuan merekam video 4K HDR pada 30 FPS dan video slow-mo pada 240 FPS.

Ada juga fitur-fitur unggulan lain dalam bocoran lembar spesifikasi tersebut. Misalnya, teknologi Qualcomm FastConnect 6700 untuk Wi-Fi dan Bluetooth, Qualcomm Aqstic untuk audio, serta dukungan RAM jenis LP-DDR5 hingga 12GB.

Perlu diingat bahwa ini baru bocoran dan informasi bisa saja salah. Qualcomm sendiri belum memberikan petunjuk maupun pengumuman resmi terkait Snapdragon 6 series ini.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 bakal meluncur bersamaan dengan Snapdragon 8 Gen 2. SoC kelas atas Qualcomm itu kabarnya bakal dirilis dalam ajang Snapdragon Summit pada 15-17 November 2022. Mari kita nantikan.

Previous articleDaftar Lagu Pop Indonesia Terbaru yang Wajib Masuk Playlist Kalian
Next articlePerkuat Pertahananmu, Ini Tips Base CoC TH 8.9. dan 10!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here